MARAKNYA BOYBAND & GIRLBAND DI INDONESIA

woybarnasianpop.wordpress.com
           Beberapa bulan terakhir ini di layar televisi sering kali kita saksikan beberapa orang pria mulai 3 hingga 10 orang yang memakai kostum seragam kemudian bernyanyi sambil menari. Begitu pula dengan gadis-gadis yang seakan tidak mau kalah , mengenakan kostum berwarna-warni dengan tatanan rambut yang bermacam-macam kemudian menggoyangkan tubuhnya sambil melantunkan lagu-lagu hits saat ini. Sebenarnya siapa mereka? Kenapa belakangan mereka muncul meramaikan layar televisi dan industri musik kita?

            Bagi orang yang mungkin menggemari musik korea , jepang atau taiwan mungkin sudah akrab dengan istilah boyband ataupun girlband. Hal itu wajar karena pasar industri musik di sana hampir sebagian besar dikuasai oleh mereka. Dengan wajah cantik dan tampan, dance yang energik, dan jelas dengan kualitas vokal yang bagus pula keberadaan boyband/girlband saat ini menjadi daya tarik terbesar di dunia hiburan asia. Tidak hanya untuk remaja namun juga orang dewasa, bahkan di Jepang ada boyband yang sudah berusia 10 tahun dan tetap eksis hingga saat ini. Di indonesia sendiri boyband maupun girlband sudah mulai populer sejak kurang lebih 5 tahun yang lalu. Dan seiring berjalannya waktu boyband dan girlband itu sendiri mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
freelytime.wordpress.com

janakyamottainai.blogspot.com

            Namun sekarang yang menjadi permasalahan kenapa di Indonesia sendiri baru beberapa bulan terakhir bemunculan boyband ataupun girlband? Apakah hanya sekedar “ikut-ikutan” negara-negara Asia yang lain? Lalu bagaimana dengan kualitas mereka? Hanya sekedar jual tampang dan gerakan atau suara juga? Mari kita bahas satu persatu.

            Jika beberapa orang ditanya siapa boyband Indonesia yang mereka tahu mungkin mereka hanya mengenal satu boyband yang memang sudah sering muncul dan mengeluarkan album mereka sendiri begitu juga dengan girlband. Padahal sebenarnya masih banyak boyband dan girlband selain itu. Bahkan ada acara unjuk bakat tersendiri yang memang diadakan untuk mencari boyband dan girlband baru. Sebenarnya apa tuuan dari itu semua? Menurut pandangan saya Industri musik di Indonesia sedang mencoba mengambil kesempatan yang ada dengan ketertarikan masyarakat pada boyband/girlband negara lain. Karena respon masyarakat yang sangat tinggi maka mereka berpikir akan mendapat respon yang sama jika Indonesia juga meluncurkan banyak boyband atau girlband. Di sisi lain barangkali mereka juga berharap beberapa dari boyband/girlband itu akan go Internasional dan terkenal di negara lain sehingga membantu mengangkat nama industri musik Indonesia. Namun masih ada kemungkinan lainnya, bisa saja pasar musik Indonesia merasa takut karena masyarakatnya lebih menyukai boyband dan girlband asing sehingga pendapatan mereka menurun. Dengan berbagai macam kemungkinan yang ada, daripada kta dicap “ikut-ikutan” mungkin akan lebih tepat dikkatakan kita sedang mencoba “belajar” dari kesuksesan negara lain.
marsbrands.blogspot.com
carubanmusiccorner.blogspot.com

            Sebelum melangkah terlalu jauh dengan menerbitkan banyak boyband atau girlband alangkah baiknya jika kualitas mereka juga dipertimbangkan. Kita lihat saja produksi dari negara lain yang memang kualitas vokal ataupun tarian personilnya patut diacungi jempol. Tidak hanya sekedar jual tampang namun juga memperhatikan aspek lainnya. Masyarakat sendiri juga berharap bahwa produksi negara mereka sendri tida kalah dengan yang lain. Jika aspek tersebut tiddak diperhatian apakah mungkin boyband / girlbad baru itu bisa bertahan lama di dunia musik Indonesia? Kemungkinan yang ada mereka tidak akan dilihat sama sekali atau bahkan dicela dan dikritik dengan tajam oleh masyarakat. Kalau memang tujuan awal untuk mengangkat nama Indonesia jelas kualitas harus diperhatikan bukan? Apa kita mau negara lain malah jadi balik mempermalukan kita? Sejauh ini menurut saya kualitas Boyband dan girlband itu sendiri masih kurang. Masih banyak dari mereka yang sekedar jual tampang namun belum memiliki vokal yang baik. Atau bahkan sebaiknya, padahal tidak dipungkiri bahwa nilai jual boyband /girlband itu ada pada paras mereka yang menarik.
            Sebagai penikmat musik Inonnesia yang baik kita tidak boleh sembarang menilai apakah kehadiran boyband / girlband itu buruk atau baik. Kita harus bisa melihat dari sudut pandang yang lain. Bagaimanapun mereka adalah putra-putri Indonesia sendiri yang seharusnya terus kita support agar masih bisa terus berkarya.

0 komentar:

 

PERSI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger