Pengaruh Dunia Pertelevisian Terhadap Masyarakat

Pertelevisian Indonesia saat ini memasuki zaman digital. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan aktual membuat sebagian masyarakat Indonesia haus akan berita, baik berita politik, budaya, maupun hiburan. Pertelevisian Indonesia mewarnai program-program acara yang lebih fresh dan berintelektual. Jika kita flashback ke era 90-an hingga memasuki millenium, tayangan televisi mulai disuguhkan dengan drama sinetron, hingga saat ini di beberapa stasiun televisi masih tetap menayangkan drama sinetron di primetime. Namun, ada beberapa stasiun televisi mulai menyuguhkan acara yang bermanfaat dan mendidik kepada para pemirsa.

Saat ini keberhasilan sebuah program televisi diukur oleh tingkat konsumsi program tersebut oleh pemirsa. Tidak heran jika tayangan televisi memberikan pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Jika kita melihat berita, terkadang tayangan tersebut sering menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat. Pada
satu sisi, masyarakat dipuaskan oleh kehadiran program acara yang menayangkan hiburan dan memberikan informasi. Di sisi lain acara tersebut tidak jarang menuai kecaman dari masyarakat karena tayangan-tayangan mereka kurang bisa diterima oleh masyarakat ataupun individu tertentu. Sudah menjadi rahasia umum KPI (Komite Penyiaran Indonesia) yang sering kali memberikan kecaman terhadap tayangan yang tidak mendidik.

Tidak hanya itu, kehadiran televisi banyak memberi pengaruh positif sebagai hiburan tersendiri bagi masyarakat luas. Pengaruh tersebut berkaitan dengan kemampuan untuk menyebarkan informasi yang cepat dan dapat diterima dalam wilayah yang sangat luas pada waktu yang singkat serta dapat menambah wawasan dan informasi. Mengetahui fakta bahwa siaran televisi memberikan dampak positif bagi penonton, tentu saja merupakan sebuah nilai tambah bagi siaran televisi tersebut. Dampak negatif tayangan televisi adalah tayangan yang berisikan perilaku keras atau moralitas negatif, tentu sangat berpengaruh bagi penonton yang masih di bawah umur. Jika tidak mendapat pengawasan yang cukup, mereka akan meniru segala hal yang dilihatnya di televisi.

Kesuksesan dunia pertelevisian swasta memberikan angin segar bagi sektor daerah. Mereka kini mampu berkembang dan menjangkau daerah–daerah terpencil secara geografis. Televisi daerah dapat menyajikan berita dan program acara hingga ke ranah publik secara global.

Keberhasilan pertelevisian Indonesia memberikan gambaran bagi kaum muda yang ingin menjadi broadcaster dalam mencapai karir yang cemerlang. So, jangan sia-siakan kemampuan yang kalian miliki jika ingin sukses memiliki karir di dunia pertelevisian. Ingat!Kesempatan tidak datang 2 kali guys.

0 komentar:

 

PERSI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger